Popular Posts

IBX5B323AD6A28CA

29 Oktober 2023

SOSIALISASI PEMBINAAN KERUKUNAN UMAT BERAGAMA DI KECAMATAN PAYUNG SEKAKI"


Pekanbaru. Suarademokrasiriau.com - Kecamatan Payung sekaki kota Pekanbaru, menyelenggarakan kegiatan Sosialisasi Pembinaan dan Penguatan Kerukunan Umat Beragama di Kecamatan Payung sekaki dengan tema Peran Strategis Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Dalam Mengelola Keberagaman dan Kerukunan Bangsa Untuk Suksesnya Pemilu 2024 yang Aman, Damai dan Harmoni.


Kegiatan yang diselenggarakan di aula Kantor Kecamatan Payung sekaki ini dilaksanakan senin (30/10/2023) dengan menghadirkan peserta antara lain dari ketua RT/RW, Tokoh Lintas Agama dan Tokoh Masyarakat di wilayah Kecamatan Payung sekaki.

Kegiatan dibuka dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dilanjutkan sambutan-sambutan diantaranya sambutan dari Camat Payung sekaki.  Yurkha Herian Danni, S.STP. M.Si menyampaikan selamat datang di aula Kecamatan Payung sekaki serta ucapan terima kasih atas kehadiran pada undangan dan tak lupa pula mengucapkan terima kasih kepada bapak pj. Walikota Pekanbaru. Camat Payung sekaki berharap dengan kegiatan ini kerukunan umat beragama dan
antar umat beragama dapat terjaga utamanya di wilayah Kota Pekanbaru agar tetap damai, tenteram serta tidak ada masalah tertentu sehingga pelaksanaan pemilu 2024 dapat terselenggara dengan aman dan damai.

Pematerinya adalah ketua FKUB kota Pekanbaru Bapak Drs. H. Dahlan Jamil. MA, dalam sambutannya menyampaikan bahwa sosialisasi ini diselenggarakan sebagai upaya peningkatan dan penguatan dan peran Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kota Pekanbaru agar semua mengambil peran dalam rangka menjaga kondusifitas wilayah utamanya menjelang pelaksanaan pesta demokrasi yaitu pemilu 2024. Kita harapkan tokoh lintas agama khususnya yang hari ini hadir dapat memberikan informasi kepada umatnya masing-masing agar turut serta menjaga wilayah tetap kondusif.

Bapak Drs. H. Dahlan Jamil. MA menyampaikan persoalan utama di lapangan menyangkut potensi Ancaman, Tantangan, Hambatan dan Gangguan (ATHG), oleh karenanya perlu difasilitas oleh camat untuk dibentuk forum kerukunan umat beragama tingkat kecamatan atau sebutan lainnya yang pada intinya forum-forum ini bertujuan turut serta menjaga situasi wilayah tetap kondusif.

Ketua FKUB kota Pekanbaru Bapak Drs. H. Dahlan Jamil. MA, ini berharap setiap camat dapat membentuk kelompok-kelompok/perkumpulan atau forum-forum yang memiliki visi bersama untuk tetap menjaga kondusifitas wilayah.

Beberapa hal terkait menindaklanjuti Kebijakan Pemerintah Provinsi Riau dan kota Pekanbaru Dalam Peningkatan dan Penguatan Kerukunan Umat Beragama Untuk Meningkatkan Toleransi Antar Umat Beragama, Menyampaikan materi Merawat Kehidupan Keberagamaan Masyarakat yang taat, Cerdas dan Rukun Menuju Pemilu 2024 yang bermartabat, damai dan aman, beberapa poin terkait Peran Tokoh Agama dalam Meningkatkan Partisipasi Masyarakat Menuju Pemilu Aman, Tertib dan Damai.

Poin penting dalam kegiatan ini adalah bahwa Pemilu 2024 sudah semakin dekat, jaga kerukunan umat beragama maupun antar umat beragama agar pelaksanaan Pemilu 2024 sukses, aman, damai dan harmoni.

Mengahadapi musim pemilihan presiden, kepala daerah dan legeslatif tahun 2024, dibutuhkan etikat baik untuk tetap menjaga kebersamaan.

(Rilis- anto)**

0 comments:

Posting Komentar