Popular Posts

IBX5B323AD6A28CA

26 Juli 2023

Peletakan Batu Pertama, revitalisasi Pasar Palapa"


PEKANBARU.Suarademokrasiriau.comKemendag Republik Indonesia yang diwakili Plh. Direktur Sarana Perdagangan dan Logistik Kementerian Perdagangan RI Muhammad Anwar Achmad dan Pj Wali Kota Pekanbaru Muflihun SSTP MAP melaksanakan (Ground Breaking) Peletakan Batu Pertama, revitalisasi Pasar Palapa Pekanbaru, Rabu (26/7/2023).

Direktur Sarana Perdagangan dan Logistik Kementerian Perdagangan RI Muhammad Anwar Achmad menyapaikan, pada saat pembangunan nanti pasti juga ada kendala-kendala dan kami harapkan laporanya per dua minggu sekali, dan sampaikan saja baik itu laporan pahit maupun manis di sampaikan saja jangan sampai yang pahit disimpan dan nanti di akhir tahun baru kelabakan.



Laporan ini kami harapkan karena penyapaian laporan kini sudah melalui sistim Informasi Pasar Rakyat dan tidak perlu lagi di kirim berbentuk haklobi, cukup sistim informasi pasar rakyat di sampaikan laporanya.

Laporan ini sangat penting karena KSP Staf kepersidenan akan selalu memintanya, apabila progres revitalisasi pasar ini tidak mempunyai laporan, maka kami dari kementrian perdagangan juga tidak mempunyai laporan ke KSP di sana tutupnya".



Seperti diketahui anggaran revitalisasi Pasar Palapa ini berasal dari Kemendag. Anggaran yang dikucurkan Rp3 miliar. Total anggaran Rp3 miliar dicairkan bertahap oleh Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Pekanbaru.

Dengan revitalisasi ini, Pasar Palapa dibangun berbentuk ruangan besar tanpa sekat.

Zonasi pedagang basah dan pedagang kering dibagi dan dipisahkan. Supaya, sampah dan limbah pasar bisa terolah dengan baik.

Ucapan terimakasih disampaikan Pj Wali Kota Pekanbaru Muflihun, "Terimakasih kepada Kemendag republik Indonesai yang diwakili Plh. Direktur Sarana Perdagangan dan Logistik Kementerian Perdagangan RI Muhammad Anwar Achmad hadir disini.

Kami juga berterimakasih kepada staf khusus Kemendag dr Irvan Herman yang mengawal persetujuan bantuan Pasar Palapa.

Muflihun, mengatakan berharap saat ini pasar tradisional masih menjadi sektor penting dalam menggerakkan perekonomian   di  kota Pekanbaru. Sehingga revitalisasi pasar yang ada di Kota Pekanbaru, nilai penting untuk memaksimalkan pengembangan ekonomi kerakyatan.  




"Dengan adanya revitalisasi pasar tentu akan membuat kepercayaan masyarakat akan pasar rakyat meningkat. Kita tentu berharap, usulan beberapa pasar tradisional lain untuk  di pugar disetujui Pemerintah Pusat juga".

Terkait zaman sudah canggih kita rasa perlu juga merombak pasar kita menjadi pasar yang lebih modren, sehingga saudara kita para pedagang pasar itu bisa lebih nyaman berjualan tidak lagi dalam keadaan tanah yang becek, sehingga dapat mengikut perkembangan zaman, pasar yang tenang, indah, dan nyaman.

Dengan diletakanya batu pertama pertanda di mulainya rehat pasar palapa ini, dan dapat di bangun dengan sebaik-baiknya, dan kepada para pedagang tolong saling spot dan saling menjaga, dan jangan sampai nanti kita sudah di beri bantuan tapi kita ribut-ributan, marilah kira sukseskan dengan adanya kita kondusif bisa nantinya menjadi perhatian dapada Kementerian Perdagangan RI dan kedepan bisa pembangunan pasar tetap berlanjut, ujar walikota Muflihun".

Lanjutnya, "dan mari kita berkaborasi seluruh elemen masyarakat untuk membangun kota ini kearah yang lebih baik, dan alhamdulillah saat ini keluh kesah pedagang pasar palapa menjadi kenyataan pada hari ini  dan dalam waktu 3 bulan pasar ini sudah jadi, dan tolong jaga dengan sebaik-baiknya.

Dan untuk kadis desperindag tolong disen pasar ini dengan bagus, terutama untuk parkirnya, bila mana pasar ini dari depat terlihat cantik tentulah orang sangat tertari untuk berbelanja, dimana orang nyaman kepasar ini tertarik sehingga orang bisa candu untuk berbelanja kepasar palapa, mari kita saling bahu membahu karena saat ini masih banya program pemerintah pusat yang terus kita tindak lanjuti, terutama bapak presiden sangat ingin perekonomian tiap kota-kota dan kabupaten pulih kembali lebih baik.

Kedua bagi anak-anak kita  bila mana ada terkenak stating tolong dilaporkan, karena stating itu juga program pusat, dan ketiga terkait kenaikan harga tolong dilaporkan untuk dapat menjaga infalasi yang kita tidak inginkan harga cukup tinggih, karena infalasi harga juga program bapak presiden, dapat di laporkan kedesperindak dan kita sama-sama akan mencari solusinya, dan juga nanti kita dapat menggandeng perusaan untuk ces harga untuk membantu infalasi ini bagai mana dapat terjaga dengan baik, juga bila mana ada rumah warga tidak layakhuni, rumah orang kurang mampu dan tidak bersemen tolong juga di laporkan, sehingga tidak adalagi rumah-rumah warga yang tidak bersemen.

Lanjut Muflihun Adapun untuk program pemerintah kota pekanbaru sendiri, kita ada memberikan santunan kematian untuk tiap warga kota pekanbaru, dan juga biayasiswa untuk melanjutkan kuliah bagi anak-anak yang kurang mampu, dan bagi anak-anak yang berpretasi dan juga pelayanan kesehatan gratis di setiap puskesmas di kota pekanbaru, serta mempersiapkan doktor oncol telpon puskesmas terdekat, dan nati kita juga loncing kesehatan gratis di setiap rumah sakit hanya dengan menggunaka KTP saja, pekanbaru kota betuah, kota eterogen, dimana bumi di pijak disitu langit di junjung kita semua masyarakat kota pekanbaru berhak membangun kota pekanbaru, tutupnya.

(Rilis- lizar)**

0 comments:

Posting Komentar