Popular Posts

IBX5B323AD6A28CA

01 April 2023

PANWASLU KECAMATAN PAYUNG SEKAKI AWASI SECARA SESAMA RAPAT PLENO TERBUKA DPHP TINGKAT KECAMATAN"



Pekanbaru. Suarademokrasiriau.com– Setelah rapat pleno terbuka Rekapitulasi Daftar Pemilih Hasil Pemutakhiran (DPHP) selesai dilakukan di tingkat Panitia kelurahan Pemungutan Suara (PPS) dengan hasil pemilih tetap 70297 dan pemilih baru 8949, serta pemilih tidak memenuhi sarat sebanyak 18982.



Kegiatan hari ini sabtu (1/4/2023). dilaksanakan di tingkat kecamatan oleh PPK dan diawasi langsung secara melekat oleh Pawaslucam Payung Sekaki,  serta PC tiap Partai yang hadir.



Kegiatan rapat pleno terbuka rekapitulasi DPHP tingkat kecamatan inipun diawasi secara melekat oleh seluruh Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Kecamatan Payung sekaki kota Pekanbaru, Hal ini dilakukan guna memastikan masyarakat kecamatan Payung Sekaki yang sudah memiliki hak pilih dapat terdaftar dalam daftar pemilih dan yang tidak memenuhi syarat tidak dimasukkan dalam daftar pemilih pada Pilkada Serentak Tahun 2024 ini.



Azromidani, SE
Ketua PANWASCAM
Kec. Payung Sekaki
Divisi SDM (Sumber Daya Manusia) menyampaikan saat ini pengawasan dilakukan oleh Panwaslu Kecamatan terhadap Rapat Pleno Daftar Pemilih Hasil Pemutakhiran tingkat Kecamatan yang
dilakukan secara serentak sampai tanggal yang di tentukan di Kota Pekanbaru.

Hari ini seluruh kawan-kawan Panwaslu Kecamatan di Kota Pekanbaru termasuk pimpinan Bawaslu Kota pekanbaru juga ikut melakukan pengawasan, pelaksanaan Rapat Pleno Daftar Pemilih Hasil Pemutakhiran tingkat Kecamatan,” ujarnya.

Serta turut hadir ketua Bawaslu Kota Pekanbaru
Indra Khalid Nasution, SH, MH yg melakukan supervisi ke kecamatan Payung Sekaki dan memberi saran terhadap PPK agar memberi jawaban yg real terhadap pertanyaan undangan pihak parpol PKS. Dan klw tidak nantiknya kami bawaslu kota akan mempertanyakan hal yg serupa di tingkat kota pekanbaru "tambahannya"

Lebih lanjut 
Azromidani, SE mengungkapkan, Rapat Pleno Rekapitulasi Daftar Pemilih Hasil Pemutakhiran tingkat Kecamatan tersebut sudah dilaksanakan di 6 (enam) titik lokasi yang tersebar di 6 wilayah Kecamatan Payung sekaki, yakni di kelurahan Air hitam, kelurahan Labuhbaru barat, kelurahan Labuh baru timur, kelurahan tampan, kelurahan Bandaraya, kelurahan Tirta siak.

“Sebelum menghadiri rapat pleno terbuka DPHP ini, seluruh Panwaslu Kecamatan telah melakukan analisa data terlebih dahulu berdasarkan hasil rapat pleno DPHP di tingkat PPS, untuk selanjutnya diberikan masukan dalam rapat pleno”, paparnya.

Menurut 
Azromidani, SE pengawasan ini dilakukan untuk memastikan Daftar Pemilih yang Tidak Memenuhi Syarat (TMS) benar-benar sudah dicoret dari Daftar Pemilih di Form A.KWK dan Pemilih baru yang sudah memiliki hak pilih sudah terdata dalam daftar pemilih serta memastikan PPS/PPK sudah melakukan perubahan terhadap data yang mengalami ubah data.

“Sejauh ini Panwaslu Kecamatan sudah memberikan saran perbaikan terhadap beberapa data Pemilih khususnya yang dalam satu keluarga berbeda TPS dan Pemilih Ganda,” terangnya.

Adapun permasalahan yang di sampaikan ketua pawaslu payung sekaki baik itu temuan, maupun laporan yang di terima pawascam payung sekaki salah satunya terkait adanya beberapa RT tidak di coklit dan ada juga yang di coklit tidak sesuai aturan karena pantarlih tidak menempelkan stiker di rumah warga.

“Dari hasil pengawasan kawan-kawan Panwaslu Kecamatan, adanya tidak coconya antara jumlah MS dan TMS di kelurahan tampan.

Adapun undangan Pc partai masing-masing yang hadir pada sore hari ini, camat, yang diwakili oleh Sekcam, Danramil kecamatan Payung sekaki dan senapalan, sehingga kawan-kawan Panwaslu Kecamatan memberikan saran perbaikan pada saat Rapat Pleno Terbuka tingkat Kecamatan ini agar PPS atau PPK dapat mengakomodir data-data tersebut.

Harapanya ketua pawaslu kepada pihak pemerintah khususnya kecamatan, meberikan idukasi kepada warga khususnya warga perumahan siak sari residen di wilayah jalan. Pemudi kelurahan Tirta siak, yang mana di saat melakukan pengawasan pen coklit tan bersama PKD di halangi oleh sekuriti setempat  walaupun kemudian kami di persilahkan masuk, adapun kendala yang kami dapat dengan pencoklikan tidak maksimal," Tutupnya.

(Rilis- anto)**

0 comments:

Posting Komentar