Popular Posts

IBX5B323AD6A28CA

06 November 2018

"PENTINGNYA PERALATAN KANTOR DAN KEBUTUHAN DALAM MENUNJANG AKTIVITAS KERJA DI 7 KELURAHAN"

Pekanbaru SuaraDemokrasiRiau.com --  Meski fasilitas sarana dan prasarana masih terbilang minim, namun pelayanan di 7 Kelurahan khususnya kelurahan yang baru 2 tahun di mekarkan kelurahan Sungai sibam, Bandaraya, dan Tirta Siak, di kecamatan Payung sekaki kota Pekanbaru-Riau tetap memberikan layanan terbaik kepada masyarakat.

Seperti yang terlihat oleh wartawan SuaraDemokrasiRiau.com, salah satu media Online yang Aktif di wilayah kecamatan Payung sekaki".

Salah satu warga yang enggan di sebut edititasnya" dirinya mengatakan, tak ada kendala yang dialami ketika melakukan prosedur pengurusan.

"Saya mengurus surat pengantar cepet kok, ini aja cuma 10 menit," ujarnya kepada Portal Berita Online SuaraDemokrasiRiau.com, di Kantor Kelurahan Sungai sibam Jalan Beringin, Rabu, (6/11/18)

Warga tersebut memaparkan tak ada biaya yang dikeluarkan untuk mengurus surat tersebut. "Seperak pun gak keluar ungkapnya kepada SuaraDemokrasiRiau, proses cepat dan gak ribet," ungkapnya.

Warga tersebut mengaku puas atas pelayanan birokrasi yang tersedia di kelurahan tersebut. "Kalau pelayanannya seperti ini siapa yang gak suka, kami inginnya cepat dan gak ada di persulit," tutupnya.

Saat Wartawan SuaraDemokrasiRiau melihat dan memperhatikan latar belakang masalah pentingnya kebutuhan dan sarana Kantor kelurahan yang ada di wilayah kecamatan Patung sekaki kususnya kelurahan yang baru dimekarkan kelurahan Sungai sibam, Tirta siak, Bandaraya dan 4 kelurahan lainya kelurahan Labuh baru barat, kelurahan Labuh baru timur,  kelurahan Air Hitam, dan Kelurahan Tampan, kantor merupakan instansi pemerintah yang melayani masyarakat dalam pembuatan pembuatan surat-surat dan kebutuhan Masyarakat lainya".

Dalam hal melaksanakan tugasnya sesuai dengan kedisiplinan dan kenerja pelayanan yang di terapkan kecamatan, melalui intruksi pemerintah kota Pekanbaru berada dibawah Koordinasi Walikota Pekanbaru, H.Firdaus,ST.MT, yang mana Kantor kelurahan tersebut berada dibawah wilayah pimpinan kecamatan Payung sekaki.

Dalam melaksanakan tugasnya Kantor kelurahan tersebut harus menyediakan
berbagai fasilitas guna mendukung aktivitas kerja dari pada pegawai kantor, harus mampu menyediakan peralatan yang ada sesuai dengan kebutuhan dan keperluan yang digunakan dengan baik dan bisa berfungsi menunjang efektivitas kerja pegawai dalam kantor.

Adanya peralatan kantor yang kurang lengkap serta tidak memberikan
kenyamanan saat bekerja dan sangat mempengaruhi penyelesaian suatu pekerjaan, hal itu berarti bahwa peralatan yang digunakan harus sesuai dengan tujuan dari pekerjaan tersebut, agar dapat di penuhi harapanya". 

Oleh sebab itu peralatan harus disediakan di setiap kantor pada tiap-tiap bagian sesuai dengan kebutuhan.

Seperti halnya yang wartawan SuaraDemokrasiRiau jumpai pada tiap-tiap Kantor kelurahan yang ada di bawah naungan kantor kecamatan Payung Sekaki Kota Pekanbaru tersebut", selama wartawan SuaraDemokrasiRiau melihat dan memperhatikan kegiatan praktek kerja di kantor kelurahan maupun di kantor kecamatan, (PKL) di kantor tersebut wartawan SuaraDemokrasiRiau mendapati cukup banyak peralatan kantor yang belum tersedia dan peralatan kantor yang masih kurang. 

Adapun peralatan kantor yang belum tersedia kususnya di tiap kelurahan masih banyak yang kurang, seperti sarana informasi media eletronik (televisi), media cetak (koran) sarana jaringan Wifi sebagian kelurahan belum memiliki dan terpasang, AC (Air Conditioning), kemudian fisik bangunan kantor yang masih kurang, dan butuh perhatian, sama halnya dengan aktivitas kerja yang seringkali tidak berjalan dengan baik/terlambat karena keberadaan rumah pegawai kelurahan ada begitu jauh hingga sering terjadi kemacetan di jalan, dan juga inventaris kendaraan roda dua sebagian kantor kelurahan yang belum tersedia dan adanya kekurangan peralatan kantor lainya".

Mengingat pentingnya peralatan kantor dalam menunjang aktifitas kerja pegawai maka wartawan SuaraDemokrasiRiau tertarik mengangkat judul “PENTINGNYA
PERALATAN KANTOR DALAM MENUNJANG AKTIVITAS KERJA
PADA KANTOR KELURAHAN YANG DI BAWAH NAUNGAN KECAMATAN PAYUNG SEKAKI KOTA PEKANBARU"

"Dari uraian diatas masalah yang diambil adalah: “Mengapa Peralatan
Kantor Sangat Penting Dalam Menunjang Aktifitas Kerja Pegawai pada Kantor kelurahan dan Kantor Kecamatan Patung sekaki Kota Pekanbaru?"

Mengingat cakupan masalah dalam judul cukup luas maka wartawan SuaraDemokrasiRiau membatasi
masalah hanya di areal wilayah kantor kelurahan dan kantor kecamatan Payung sekaki kedisiplinan dan pelayanan kenerja pegawai kelurahan dan kecamatan amat butuh perhatian".

Tujuan untuk mengidentifikasikan berbagai peralatan kantor yang ada pada Kantor kelurahan dan kecamatan Payung sekaki Kota Pekanbaru, Dan untuk mengidentifikasikan dampak peralatan yang belum menunjang
aktivitas kerja Pegawai pada Kantor kelurahan dan kecamatan Kota Pekanbaru.

Serta untuk menganalisa pentingnya peralatan kantor dalam menunjang
aktivitas kerja pada Kantor kelurahan dan kecamatan Kota Pekanbaru.

Manfaat Sebagai bahan masukan bagi setiap kantor untuk mengetahui pentingnya peralatan kantor dalam menunjang aktivitas kerja pada setiap Kantor kelurahan dan kecamatan Kota Pekanbaru selaku inventaris kantor nantinya".

Sebagai bahan masukan bagi Pelayanan di jajaran pemerintahan Kota Pekanbaru khususnya di kelurahan yang ada di wilayah kecamatan Payung sekaki.

"Untuk dapat menambah informasi, Pengetahuan, dan wawasan pada penulis wartawan SuaraDemokrasiRiau.com sebelum
memasuki dunia kontrol sosial dan Pelayanan yang sebenarnya.

"Ini semua Metode Analisis dan Objek kontrol sosial pelayanan Publik, kontrol sosial dilaksanakan penulis wartawan SuaraDemokrasiRiau di Kantor kelurahan khusunya wilayah kecamatan  Payung sekaki Kota Pekanbaru pada Bidang Pelayanan dan kedisiplinan kenerja.

Metode kontrol sosial kenerja pelayanan di kelurahan yang ada di wilayah kecamatan Payung sekaki, kontrol sosial tersebut yang digunakan untuk mendapatkan data mengenai pentingnya peralatan kantor yaitu dengan metode kualitatif dengan melakukan kontrol sosial, pengamatan langsung, dengan melihat peralatan yang digunakan pegawai dalam melakukan aktivitas pekerjaan sehari-hari.

Teknik pengumpulan data informasi dengan cara melakukan pengamatan langsung di tiap kantor kelurahan yang menjadi Objek kontrol Sosial.

Dengan tujuan memperoleh informasi dan berbagai referensi tambahan yang berhubungan dengan masalah memenuhi kenerja pelayanan Publik.

Analisis data yang digunakan dalam penelitian informasi ini yaitu dengan analisis deskriptif. Analisis deskriptif ialah menggambarkan serta menguraikan masalah yang ada di kantor-kantor pelayanan publik dan membandingkan dengan kepuasan pelayanan yang di rasakan masyarakat kususnya, dalam menempuh kota Pekanbaru yang Smat City Madani, harapan menjadikan Pelayanan setiap kelurahan 7 yang ada, di wilayah kecamatan Payung sekaki agar lebih baik".

(Rilis:Anto koto)**